Pindahan Rumah



Tulisan ini lanjutan dari postingan sebelumnya. Udah baca belum?

Baca dulu : [Tips nyari kontrakan]

Nah, habis nyari rumah kontrakan. Kita bisa siap-siap pindahan rumah. Buat yang pertama kali pindahan rumah, tolong jangan menyepelekan pindahan. Apalagi kalo mau dikerjain sendiri. Asli itu berat banget. Bikin puaing kalo barang printilan kecil-kecil. Yuk, kita mulai tipsnya.

1. Beli kardus/ container
    Buat apa? Buat ngepacking semua barang. Barang yang udah dimasukin ke kardus sangat mempermudah kita pas waktu pindahan. Disarankan untuk beli kardus ukuran besar. Berapa jumlah kardus yang harus dibeli? Sesuai kebutuhan dan kategori barang yang mau di packing. Misalnya ; baju, peralatan dapur, alat kebersihan, alat elektronik, buku, dll.

2. Plastik ukuran besar
     Kan udah ada kardus, ngapain pake plastik. Nah plastik ini untuk menutup kasur, sofa, dll. Daripada ketetesan air atau kena kotoran pas proses pindahan. Mending antisipasi dulu sebelum kejadian

3. Kapan sih kita harus packing?
    Kalo sibuk banget, kalian bisa meluangkan waktu akhir pekan untuk packing. Coba tanya s audara, kerabat atau pasangan. Mungkin aja mereka ada waktu dan mau bantuin kamu packing. Lumayan kan, bisa jadi alternatif quality time. Dua bulan cukup banget buat packing semua barang

4. Urutan barang yang harus dikerjain dulu?
  • Peralatan dapur yang jarang banget dipake
  • Baju yang nggak bakal kita pake selama dua bulan kedepan. Sebelum di taruh kardus, alangkah baiknya dibungkus plastik laundry. Supaya tetep bersih, jadi sewaktu-waktu mau dipake nggak perlu nyuci ulang.
  • Buku-buku. Sisakan 3-4 buku yang mau kalian baca selama dua bulan kedepan.
  • Sepatu dan sandal. Cukup sisakan 3 pasang, untuk jalan-jalan, olahraga, kerja.
5. Pindahan pake apa?
     Pake pickup, mobil box atau truck. Yang pasti kalian wajib konfirmasi ke RT setempat untuk pakai armada yang besar-besar. Kan repot kalo ternyata truck yang masuk ke daerah rumah kita malah ngerusak jalanan rumah. Pastikan kendaraan yang kita pilih muat masuk ke jalanan tempat tujuan. Mau dicicil selama satu bulan naik kendaraan pribadi bisa sih, tapi itu akan mengurangi waktu kamu tinggal di tempat baru.

6. Terus waktu yang tepat kapan?
    Usahain kamu ngambil cuti kerja selama satu minggu penuh. Buat apa cuti sebanyak itu? Hari pertama, kita perlu beres-beres di rumah baru sebelum pindahan dan pasang lampu. Hari kedua, pamitan sama ketua RT lama dan ijin ke RT baru untuk pindahan, pastikan kalian sudah menerima bukti pembayaran listrik dan air, dilanjut dengan pindahan. Hari ketiga, keempat dan kelima, mulai menata rumah. Jadi kalian harus siapin satu container khusus untuk barang-barang yang mau kalian pake di hari pertama pindahan. Jadi weekend kalian bisa tetep istirahat.

Jadi buat kalian yang mau pindahan, screenshot tulisan ini. Pindahan itu nggak berat kok, asal mau segera di lakukan.
Satu lagi, pas waktu pindahan rumah. Biasanya kalian sibuk banget. Pastikan kalian beli makanan dulu sebelum beres-beres rumah. Takutnya pas lagi udah fokus beres-beres malah males cari makan dan malah lemes. Siapkan energi lebih untuk pindahan. Semangat!

Life begins at the end of your comfort zone

Comments

Popular Posts