Adsme

Tips Cari Kontrakan

Kali ini aku mau share tentang tips cari kontrakan baru based on my experience. Semoga tulisan ini memudahkan kalian mendapatkan rumah kontrakan.

Sumber : pinterest

1. Harga

Poin ini penting banget buat kita yang ngga mau rugi bandar kalo ngeluarin duit buat ngontrak. Ibaratnya cuma ngontrak, yaudah yang sederhana aja. Yang penting nyaman buat ditempatin. Kontrakan juga bukan buat ajang pamer. Jadi sesuaikan kantong aja, nggak perlu ngoyo.


2. Jumlah kamar

Buat yang berkeluarga, apalagi punya banyak barang. Usahain cari yang tiga kamar. Kenapa? Karena kalian butuh tempat untuk gudang. Peralatan dapur itu makan banyak tempat. Jadi kamar tiga cukup lah.


Lho terus yang dua kamar mau di pake apa? Yang jelas satu buat tidur kita, satunya lagi bisa dipake kamar anak atau mungkin tamu (mertua, orang tua atau mungkin saudara).


Kalo nggak dapet yang tiga kamar gimana? Dua kamar cukup sih. Cuma kamu bakal kesempitan karna barang yang segede gambreng.


3. Dapur

Wah ini wajib banget dipunya, karna ngga semua rumah punya dapur. Misal rumah yang aku tempatin sekarang. Karna nggak ada dapur, jadi deh kita bikin dapur sendiri. Plus nggak ada wastafel, ngeri kan? Banget. Tapi buat kalian yang berencana tidak akan memasak, pilih rumah model ini aja. Tawarlah dengan harga yang sedikit murah, karena tidak ada dapur. Bisa banget dipake alasan. 😄

Ah udahlah nggakpapa dibetah-betahin aja dulu. Akhir tahun juga pindah lagi, karna kantor suami juga pindah ke daerah Jogja Utara.


4. Kanopi

Kali ini beneran kita dikerjain dengan kondisi rumah yang ala kadarnya. Tapi emang dulu kita nggak mikir sih kalo kanopi itu penting. Jadi setelah motor kita sering kehujanan dan ngadat, barulah kita sadar. Ternyata kanopi itu penting banget.


5. Jemuran

Keliatannya sih sepele. Ah jemuran, nanti bisalah bikin sendiri. Eits, bikin jemuran itu sulit tau! Baru juga pindah rumah langsung bikin jemuran. Capek buk, asli deh nggak bohong.


Mungkin kalian akan memanfaatkan jasa laundry. Tapi masak iya mau laundry tiap hari. Apalagi sekarang aku punya bayi, berkali-kali ganti baju.


6. Pagar

Dua kali ngontrak dirumah yang nggak ada pagarnya. Harus siap sabar all the time. Kenapa? Karna kita pasti akan berdampingan dengan tetangga yang iseng ngambil air dari kran air kita yang di depan. Okelah kalo cuma sekali dua kali untuk cuci tangan atau cuci kaki. Ini tuh diambil di ember gede, diambil berkali-kali. Bukannya pelit, tapi itu kan nggak etis. Masak ngambil air orang tanpa pamit. Gemesnya lagi depan rumah kontrakan yang lama, sering dipake nongkrong ibu-ibu penggosip dan akhirnya buang sampah di selokan rumah kita. Sabar buk.


Pagar juga penting banget kalo kita udah punya anak kecil. Biar si kecil aman berada dalam rumah dan meminimalisir dari orang yang mau masuk rumah kita tanpa permisi.


7. Bukti pembayaran listrik dan air

Kayaknya nggak penting, padahal butuh banget. Bayangin kalo kita nggak tau nomer pelanggan air atau listrik, bisa mati kutu kita kalo listrik sama air dicabut. Belum lagi kalo harus bayar denda.


Ini pengalamanku ngontrak dirumah yang agak bermasalah. Jadi ceritanya kita itu nggak ketemu sama yang punya rumah. Ada yang jagain rumah yang kita kontrak. Ya, tetangga deket sini juga. Ceritanya bapak ini dipercaya sama pemilik rumah. Nah, ini bapak nggak tau nomer pelanggan air. Jadilah kita ke PDAM menanyakan nomer pelanggan sekaligus mau bayar air. Eh ternyata saya diharuskan bayar sekitar 800rb. Ngeselin donk, baru sebulan tinggal kok udah disuruh bayar 800rb. Pakai air aja jarang, karna masih mondar mandir pindahan. Akhirnya aku minta deh bukti tagihan. Ternyata, si pengontrak lama belum bayar air selama satu tahun penuh. Aku bawa deh itu bukti tagihan ke bapak yang ngelola rumah ini. Untung pas di kontak, si pengontrak lama mau membayarnya. Meski rada seret.


8. Bukti transaksi kontrak rumah

Wajib banget dipunya, karna kalo ada "apa-apa" ini bisa jadi senjata buat mempertahankan diri. Entah dalam bentuk kwitansi atau surat perjanjian kontrak rumah.


9. Alamat pemilik rumah

Namanya juga sewa rumah orang, gimanapun juga kita wajib melaporkan kondisi rumah yang kita tempati ke pemilik rumah atau sekedar berkomunikasi. Sekalian silahturahmi. Bermanfaat banget buat kita, karna kalo ada "apa-apa" bisa dibicarakan bersama dan cari jalan keluar.

Jadi itu tadi ada sembilan tips buat kalian yang lagi nyari kontrakan. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Baca juga : [Pindahan Rumah]

Segera packing biar segera pindahan rumah.


It is never too late to make things right

Comments

Popular Posts

Sweet