Pendidikan Anak Usia Dini


Sebentar lagi akan memasuki tahun 2019, kehidupan ini sungguh mengalir begitu cepat seperti aliran air yang mengalir berkolaborasi dengan waktu. Para ibu dan ayah bayi mulai memikirkan pendidikan sikecil, atau bahkan ada yang sudah menabung sejak sikecil dalam kandungan. Mari kita mengenal pendidikan anak usia dini/ preschool. Pasti begitu banyak pertanyaan tentang PAUD, mulai dari biaya dan aktivitas sikecil di PAUD. Kali ini aku membahas kegiatan anak di sekolah PAUD dan persiapannya. 

Berapa lama waktu belajar anak di PAUD? 

Sekitar 2 jam perhari untuk seluruh aktivitas pembelajaran. Jadi kalo ada anak PAUD yang pulang sampai sore karna mereka mengambil program fullday/ daycare.


Apa saja yang dilakukan anak ketika di PAUD?

Morning activity (menaruh tas dan sepatu pada tempatnya), circle time (berdoa, bernyanyi), center (kegiatan utama yang akan dipelajari), snack time (antri mencuci tangan, mengambil bekal makan, berdoa, duduk bersama, makan), recess (bermain didalam ruangan/ diluar ruangan), story time (anak menyimak cerita), Go home (berdoa, memakai sepatu sendiri, memakai tas sendiri)

Jadi begitu kira-kira gambaran anak yang bersekolah di PAUD.


Apa yang perlu dipersiapkan orangtua saat anak akan masuk PAUD?

Membawakan tas yang ringan, tolong untuk tidak membawakan seluruh isi kulkas dan lemari ke dalam tas anak. Bedakan tas untuk kegiatan belajar di sekolah dan untuk daycare (fullday) untuk anak yang dititipkan sampai sore hari. Mereka punya batas kemampuan untuk membawa tasnya. Menyiapkan baju dan sepatu yg mudah dikenakan anak. Beri sepatu yang mudah dikenakan anak sendiri agar melatih anak mandiri. Bawakan baju ganti yang mudah dipakai berbahan kaos. Sangat tidak disarankan membawakan celana jins, baju dengan kancing yang ribet. Ada banyak hal yang dilakukan para guru dan pengasuh. Jadi bantu mereka dalam hal ini.


Rasanya sudah sempurna, tapi sering kali menanyakan perasaan anak, cerita kegiatan dia disekolah sering dilewatkan orangtua. Orangtua mengeluarkan uang lebih untuk pendidikan anak, bukan berarti tanpa keterlibatan orangtua. Sebagai orang tua terkadang kita merasa harus memanjakan anak saat anak berada dirumah, ya itu ada benarnya tapi membiasakan anak untuk mandiri juga kewajiban kita. Jadi ikutlah terlibat dalam aktivitas anak saat dirumah dan disekolah. Sekali lagi, orangtua dan sekolah harus menjadi partner yang baik untuk pendidikan anak. Seringlah terlibat dalam kegiatan anak. Disekolahkan di sekolah yang mahal, kualitas terbaik, guru yang kompeten tapi kalo tidak ada pembiasaan baik di rumah. Bagaimana anak bisa memiliki kebiasaan yang baik?

Jadi apakah ibu dan ayah sudah mempersiapkan anak untuk sekolah? Dia akan berjalan sendiri menuju kelasnya, menyapa teman-temannya, memulai pembicaraan dengan temannya, dan masih banyak lagi. Dia akan menghadapi dunia baru sendirian. 


Children are one of the greatest lessons in happiness


Comments

Popular Posts