150k Makan Seminggu


Biaya hidup itu tak semahal gaya hidup. 

Kalimat yang sering dilontarkan untuk yang suka ngeluh dengan biaya hidup yang tinggi. Pada dasarnya manusia akan menyesuaikan diri dengan keadaan keuangannya. Seboros-borosnya orang, akan ada waktu dimana mereka muak dikejar utang karna perilaku boros (bukan produktif).

Berapa rupiah yang kita keluarkan untuk sekali makan diluar? Mungkin sekitar 40rb ya untuk sekali makan. Kita pake rata-rata makan di warung bapak tua dari Amerika yang menjual ayam goreng. Itu sudah termasuk minum dalam sekali makan. Belum lagi kita makan sehari 3x. Berarti sehari kita merogoh kocek 120rb untuk makan saja. Lalu bagaimana dengan sebulan (30hari), Totalnya 3.6jt untuk makan dalam kurun waktu sebulan. Gambarannya terlalu ngeri mbak, kalo sekali makan dihitung 20rb aja gimana? Boleh berarti dalam sebulan ngeluarin duit 1.8jt buat makan doank.

Padahal kalo menurut perhitungan emak-emak, duit 100rb bisa dipake buat makan 3 hari. Lumayan kan kalo 100rb/ 3hari berarti sebulan hemat 800rb, bisa ditabung. Tapi ada pula yang pengen lebih ngirit lagi, bisa banget. Lagi-lagi itu tergantung bagaimana kita mengelola itu. Jadi ini ada perincihan anggaran memasak selama seminggu, manten baru/ yang cuma berdua aja sama suami mari simak anggarannya :

150rb/ minggu

Lauk :
Ayam  1/2kg 17000
Telor 1/2 13000
Tahu 3500 (isi 10) 
Tempe 4000
Ikan bandeng 15000 (isi 4)
ikan pindang 3500 (isi 2)

Sayur :
Sop-sopan 2000
Aseman 2000
Capjay 4000
Kacang panjang 2000
Buncis 2000
Wortel 5000
Brokoli 5000
Labu siam 4000
Terong 4000
Bayam 2000

Bumbu :
Brambang 5000
Bawang 5000
Cabe rawit 4000
Cabe keriting 2000
Terasi 2000 (isi 4)
Asem 2000 (isi 4)
Garam 2000 (bisa sampe sebulan)
Gula 1/2kg 5500  (bisa sampe sebulan)
Rempah-rempah 2000
Tepung goreng 5000

Note : beras, minyak goreng dan gas LPG termasuk belanja bulanan

Ini menu masakan untuk seminggu :
Senin :
Sop ayam
Ayam goreng tepung

Selasa :
Oseng  wortel buncis
Ikan bandeng

Rabu :
Sayur  asem
Ikan pindang

Kamis :
Sayur  lodeh
Tahu tempe goreng

Jumat :
Sayur bening
Tempe goreng, telur goreng

Sabtu :
Sop sayur
Bacem telor

Minggu :
Nasi goreng
Telur goreng


Pagi dan siang menunya sama (sekali masak), untuk sore biasanya kita makan masakan kering kayak ; oseng kacang panjang, capjay, koloke, fuyunghai, penyetan. Masak nasinya 2 kali, pagi dan sore. 150rb bisa makan enak, puas, murah dimana lagi kalo nggak dirumah sendiri. Selamat mencoba.

Note : untuk 2 orang dalam seminggu.

Eating is a necessity, but cooking is an art.

Comments

  1. Senam senyum aku baca ini mba, habisnya paling susah ngatur keuangan soal makan maunya instan terus, Maklum lah anak kos2an 😁

    Tapi, habis baca ini jadi termotivasi, mesti bisa me manage keuangan nih

    Thanks kak 😍

    #AinhyEdelweiss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang emang butuh kepepet dulu ya biar bisa manage uang. Aku dulu juga ngekos, rasanya duit habs cuma buat makan diluar dan cuma sedikit yg ditabung. Kucoba untuk memasakkan teman kosku, lumayan kan dia yg belanja aku yg masak. Tapi kita bisa makan berdua. πŸ˜… tips hemat ala anak kos

      Delete
  2. Setuju masak sendiri memang paling murah dibanding beli di luar ya mba, cuman sy suka sekali ngemil, jd anggarannya nambah deh hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah πŸ˜πŸ˜€πŸ˜‚ aku juga suka ngemil kok. Itu anggaran khusus kalo nyemil (kalo ada sisa uang belanja bulan kemaren) πŸ˜‰

      Delete
  3. Masak sendiri lebih sehat, irit dan cocok dengan selera. Tapi ada kalanya sedang traveling, ke luar kota, jadi aku bikin budget buat makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuuu... betul banget. Kita kudu nyiapin dana makan dan transportasi buat traveling. Traveling itu nggak afdol kalo nggak ngincipin makanan lokal kan

      Delete
  4. Saya anak kos uji coba masak sendiri, jatuhnya biayanya sama seperti masak buat dua orang. Soalnya sayur nggak tahan lama. Yang bisa disimpan cuma ayam. Terus kalau jenis ikan asin atau cumi, mengganggu indra penciuman. Udah gitu, masih harus cuci piring. Tetep mendingan beli lauk di warteg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang perlu rame-rame atau joinan kayaknya. Soalnya aku dulu pas masih single dan ngekos, selalu cari temen makan. Kebetulan di kosan ada kulkas jadi dimanfaatkan untuk simpan makanan. Tapi kalo soal kepraktisan emang praktis beli di warung, apalagi di kosan udah masak nasi. Murah pokoknya.

      Delete
  5. Problematika emak - emak ya, sama kayak saya mending masaklah, kalo makan diluar boleh sekali-skali aja ya mbak.. kalau tiap hari bisa jebol dompet emak.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karna memasak itu seni, seni mengirit dan kreatif. 😁

      Delete
  6. Keren nih. Tapi Susahnya, kalau saya anak-anak sulit makan, apalagi makan sayur. Jadi, masaknya menurut selera anak saja.
    Ini buahnya belum masuk ya 😊😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah dilema ya kalo nggak suka sayur. Diakali pake nugget sayur bunda. Kali aja berhasil.

      Yess belum termasuk buah. Buah kadang panen, kiriman tetangga, sm buah musim murah 😁 kalo mangga lg murah belinya mangga.

      Delete
  7. Wah ini nih gaya hidup yang mumeti. Harus pinter2 pilih makanan (apalagi harganya).
    Waktu jaman kos aku biasanya beli lauk jadi mbak lebih murah, kadang 1 sayur bisa buat 2x makan. Pokoknya irit banget wes, jaman kos kalau masak pasti bareng2 biasanya patungan 10ribu per orang makan pake sayur sop, perkedel tahu, dan ikan itu buat 2x makan hihihi hemaaaat

    Kalau udah punya bumbu dapur enak keliatannya murah, kalo ndadak beli semuanya kerasa juga ya mbak pengeluarannya padahal investasi itungannya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kalo mau ngirit kudu mumet dulu kali ya. Kalo sendirian emang lebih praktisnya sih beli ya. Tapi kalo udah berkeluarga macam aku gini. Mending masak. Harga sekali makan diluar bisa dipake buat beli sayur dan lauk untuk seharian soalnya.

      Delete
  8. Pengen deh, masak sendiri. Karena kegiatan ini-itu (alasan) jadi tidak sempat masak :") Padahal kalau dicoba, ternyata bisa menghemat banget ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ingat saja prinsip cooking is an art. Pasti hepi kok masak dan dompetnya. Lol

      Delete

Post a Comment

Popular Posts