Adsme

Sehari Diterima Adsense

Awal tahun 2019. Beneran nggak kepikiran untuk ngejar target keterima adsense. Minder sih kalo pas blogwalking banyak banget yang lebih bagus tulisannya, lebih rapih isi blognya, lebih lama. Ah nggak ngarep banyak deh, blog aja masih 7 bulan, yang baca 10 orang aja udah seneng banget. Mana masih baru nyemplung blogging, belum tau apa itu DA/ PA, SEO, eksternal link, backlink, istilah yang masih baru buatku. Rada kudet (kurang update).


Adsense itu apa sih. Sederhananya tempat untuk menerima iklan. Sering kan ya liat blog/ YouTube channel yang keluar iklannya. Nah dari iklan itu, pemilik blog/ YouTube channel dapet rupiah. Enak kan habis bikin konten, terus di promosikan di media sosial kita, ada yang baca, kita dapet uang. Iya tapi untuk membuat konten yang bagus dan berkualitas itu susah. Meski masih banyak orang yang copy paste karya orang, atau bikin konten kebodohan diri sendiri untuk menghibur orang lain. Kadang nggak ngerti sih kok bisa ya ada YouTube channel yang laris banget, padahal isinya gunting-gunting squishy. Padahal banyak kontem bagus tapi malah sepi peminat. Tapi mungkin untuk sebagian orang yang kurang manfaat untuk kita ternyata cukup menghibur untuk mereka. Lol.

Jadi ngelantur kan ceritanya, balik ke adsense lagi.

Sumber : freepik

❤AKU DITERIMA ADSENSE ❤

Seneng banget donk. Iyes karna semudah itu ketrima adsense. CUMA 1 HARI KETRIMA ADSENSE. *pamer* lol.

Awalan kalo kalian ngikutin blogku, temanya pinky bunga-bunga gitu kan. Menurutku itu bagus, tapi tidak untuk suami dan beberapa teman yang kumintai saran. Mereka ngerasa risih dengan bunga-bunga itu, terlalu banyak hiasan, susah cari artikel lain, tulisanku monoton nggak ada gambarnya jadi ogah bacanya. Intinya aku SALAH PILIH TEMA & LAYOUT. Ini rahasia keterima di adsense dalam sehari. Sebelum baca lebih lanjut, FYI aku pake blogspot dan gmail. Let's check it :

1. Observasi
Aku coba bikin catatan tentang beberapa blog yang udah ada iklan di blognya. Fitur apa saja yang mereka tampilkan di blog. Mulai dari search, profile google+, featured post, popular post, archive, label/ categories, followers.

2. Konten Menarik
Salah satu alasan orang mau baca konten kita kalo itu menarik buat mereka. Jadi buat konten yang menarik ya. Jangan lupa masukkan foto/ video yang berhubungan dengan tulisan kita biar orang nggak eneg cuma lihat tulisan aja.

3. Rapihkan tulisan
Aku mencoba merapikan tulisanku dengan label/ categories. Kebanyakan mereka yang ketrima adsense itu karna label mereka juga rapih. Ada kayak technology, lifestyle, skincare, parenting, beauty, childhood. Yang semodel itu lah pokoknya. Kalo mau buat label sendiri sih bisa, tapi diutamakan itu dulu aja. Edit tulisan yang typo, biar enak dibaca juga.

4. Pilih tema yang tepat
Berkat saran suami dan beberapa teman, yang bilang kalo tema lamaku yang pinky itu rada lebay akhirnya aku memutuskan untuk memilih tema yang simple bawaan dari blogspot. Aku pilih SOHO yang gambar kucing itu, terus aku ganti backgroundnya. Masih bisa di edit kok, tenang aja.

5. Rapihkan layout
Jadi dulu layoutku hampir kosong, popular post nggak ada, search juga nggak ada, follower juga nggak ada, profile masih pake profile blogger karna berharap kalo aku pas blogwalking ada yang visit balik. Ternyata aku perlu menggantinya jadi profile google+.  Coba deh observasi blog ini.

6. Cancel permintaan adsense lama
Jadi sebenernya aku udah daftar adsense Oktober 2018. Tapi kok jawabannya lama banget, padahal katanya sekitar sehari aja tapi bisa lebih. Di PHP 3 bulan kok ya sepertinya aku perlu mengambil tindakan. Yes. Aku cancel aja LALU aku lakukan cara nomer 1 sampe 5.

Kalo misalkan kalian belum daftar adsense sebelumnya kalian bisa lompati cara ini langsung ke nomer 7.

7. Daftar kembali
Habis mutusin kok minta balikan. Lha kan kesel orang aku di PHP in sama adsense. Aku tuh nggak bisa diginiin. *lebay*. Lol.
Akhirnya aku daftar adsense lagi, caranya masih sama ada button gambar dollar di blospot itu di klik aja coba daftar lagi. Masih inget banget tanggal 6 Januari 2019. Sekitar jam 3 sore aku daftar ulang terus segera dapet jawaban kayak gini


Baiklah aku disuruh nunggu sekitar 3 hari. Nggak papa dia butuh waktu untuk menerima permintaanku kembali. Tapi nggak nyampe 6 jam aku dapet jawaban lagi.


Girang donk. Jelas lah kayak udah nggak ada harapan, tiba-tiba dia nerima cintaku. Lol. Langsung deh aku gemes pengen segera mencet GET STARTED


Munculah seperti ini. Lihat ada tulisan IDR aja seneng banget padahal cuma 0 rupiah. Aku segera berlari ke ads unit buat otak atik aja padahal belum ngerti buat apaan. Coba memahami tapi masih belum ngeh, asal buat aja dulu deh. Toh yang liat blogku cuma 10 orang doank kan. Kayak regu pramuka aja ya cuma 10 orang.

Ads unit
Aku harus bersabar menunggu status new berubah menjadi active. Artinya status aktif itu brarti blog kita sudah aktif menayangkan iklan. Kukira sekitar 3 hari, ternyata tanggal 7 Januari 2019 udah aktif adsnya dan aku resmi dapet uang dari google adsense. Banyak nggak sih dapetnya? Tergantung dari berapa orang yang ngeklik tulisanmu. Nggak cuma sampe disitu aja, kalo ads yang muncul di blog kita diklik sama pembaca kita dapet uang lebih dari sana. Tapi jangan coba-coba ngeklik ads yang muncul di blog kita. Apalagi demi biar uang kita makin banyak. Nanti di suspend lho. Malah ga dapet pemasukan. Kan berabe.

Gaji hari pertama
Hari pertama aku dapet uang, iya 2 rupiah aja udah senengnya bukan main. Iya donk, lha lagi enak-enak tidur, pas bangun dapet 2 rupiah. Tidurku bermanfaat. Lol. Pokoknya berusaha memberikan konten menarik aja. Biar pada banyak yang mau mampir ke blog kita. Jangan lupa promosiin blog kita ke sosmed ya gengs. Lumayan pasti ada aja yang iseng iseng ngeklik tulisan kita.

Semoga dengan adanya adsense ini jadi makin produktif meningkatkan semangatku buat menulis konten yang menarik dan berkualitas. Aku juga masih perlu belajar banyak tentang ilmu blogging dan adsense. Maklum otodidak memanfaatkan waktu luang sambil momong bocah.

Buat yang belum keterima adsense, coba deh ikuti cara ini. Semoga berhasil ya. Semangat, sabar, baca terus sweetlemonine. Lol.

Catatan :
Buat kalian yang bingung kok di blospotnya nggak ada button dollar ya. Coba kalian ubah setingan kalian jadi bahasa inggris. Nanti akan muncul button dollar seperti yang aku kasih tanda panah ini.

Comments

  1. Wih senangnya diterima adsense ga sampai sehari, dalam hitungan jam malah. Saya tampaknya ini bakal ter-PHP adsense, hehe, masih dalam proses menunggu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh kenapa kok bakal ter-PHP adsense ? Semoga segera dapet jawaban ya. Kalo sampe 3bulan nggak ada jawaban kayak kasusku. Coba pake caraku.

      Delete
  2. Ikut senanggg yeay πŸ˜†
    Ayok kita semangat lagi ngeblognya ya mba. Biar segera gajian dr adsense. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menuju gajian. Semangat! Duhhhh pasti aku juga bakalan share kalo udah dapet gaji pertama dari adsense. Mbaknya udah gajian dr adsense? πŸ˜‰πŸ˜Š

      Delete
  3. Alhamdulillah ya mba udh diterima adsense 1 hari lagi, saya malah harus nunggu sebulan waktu itu, emang klo skrg hasilnya masih receh bgt saya lihat di blog sy wkwk, oiya fitur about me-nya belum ada ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang nggak aku kasih. Lol, ini percobaanku sih. Ternyata bisa ketrima tanpa "about me"

      Delete
  4. Fitur about me. Sm disclosure Dll blom ada ap gmn mba ? Ktnya hrs ada gitu ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya belum ku kasih. Tp ketrima kok. Lg galau ini mau masang ads dimana. Soalnya kalo kebanyakan juga mengganggu bgt. Jd sementara di off in dlu.

      Delete
  5. Cara cancelnya gimana yaa kak? Soalnya aku udah lama banget daftar adsense, tapi tulisannya cuman "We're working on setting you up"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku sempet diPHPin gitu. Sedih bgt.

      Oh iya aku sudah coba hubungi twittermu. Cuma mau ngasih tau cara ngancel ads. Biar nggak "we're working on setting you up" terus.

      Delete
  6. selamat yah, dan berguna banget sharingnya. Saya jadi pengen nyoba, soalnya jg masih diphpin sama gugel.. huhuhu

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts

Sweet