Adsme

Membuat Playdough

Halo,
Sudah lama aku tak memasak dengan tepung, maksudnya lama nggak bikin kue. Baiklah kita alokasikan tepung terigu jadi mainan untuk Aika. Bahannya sungguh sangat sederhana kok. Pasti ada di dapur.

Pertama, kita tuangkan 8 sendok makan munjung tepung terigu ke wadah A.



Kedua, tambahkan 4 sendok makan peres garam ke wadah A.


Ketiga, tuangkan air hangat 100ml ke wadah B.


Keempat, tambahkan 5 tetes pewarna makanan. Warnanya suka-suka, merknya apa aja boleh. Aduk sampai merata.


Kelima, tambahkan 3 sendok teh minyak ke wadah B (aku pake merk Sania), tapi boleh merk lainnya juga kok. Santai. Yahh lupa nggak kefoto.

Terakhir, Tuangkan setengah dari adonan wadah A kedalam wadah B. Aduk hingga merata. Campurkan sedikit demi sedikit sampai adonan jadi seperti adonan donat.


Lalu siap untuk dimainkan. Bisa menggunakan cetakan cookies, atau bisa juga membuat beberapa benda dari playdough.

Permainan ini bertujuan untuk : memperkuat gerakan otot tangan, melatih koordinasi mata dan tangan, art (membuat bulatan, mengecap cetakan cookies), science (membuat beberapa hewan/ sayur/ benda sekitar), math (dapat digunakan untuk media berhitung).





Tips : setelah selesai bermain, simpan playdough kedalam wadah kedap udara (Tupperware/ plastik/ kresek). Dapat disimpan dikulkas. Bertahan hingga 2 minggu. Dalam suhu ruang playdough bertahan hingga 1 minggu.

Ada 3 syarat utama untuk membuat mainan edukatif : EDUKATIF, MENARIK dan AMAN. Anak usia dini memang suka mengeksplorasi banyak hal termasuk kelima indera mereka. Meraba, menyentuh, mencium, mencicipi dan melihat. Jadi jangan heran kalo anak suka memasukkan benda sekitar kedalam mulut, karna itu merupakan proses belajar sikecil. Cukup di alihkan dari jangkauan mulut atau diberitahu saja untuk anak yang sudah mengerti. Meskipun aman, bermain tetap dalam pengawasan orang tua ya.

Ayo bermain!

Comments

Popular Posts

Sweet